>
BCNH Program
CP: Ahmad Shofyadi (08121467491)
www.dasarburung.wordpress.com

Kowak – malam abu (Black – Crowned Night Heron), sering juga disebut burung kowak maling, menjadi fenomena langka, unik dan menarik di tengah-tengah hirup pikuknya kesibukan kehidupan manusia di Kota Bandung. BCNH WORKING GROUP – BICONS merupakan unit pendukung kerja BICONS yang memiliki fokus dan konsentrasi studi pada burung Kowak – Malam Abu yang berbasiskan penelitian serta edukasi kepada masyarakat tentang burung kowak-malam abu dan fungsinya terhadap lingkungan sekitarnya.

Visi: Mendorong terwujudnya masyarakat yang mampu berbagi ruang bersama burung kowak-malam abu.

Misi: Memperkenalkan burung Kowak – Malam Abu sebagai salah satu burung baru Kota Bandung; Menyadartahukan masyarakat tentang burung Kowak – Malam Abu melalui media dan kegiatan bersifat edukasi

Program Kerja

Secara umum berupa kegiatan berbasis penelitian dan penyadartahuan masyarakat.

1. Pemantauan populasi

Data hasil penghitungan selanjutnya dikirimkan kepada Wetlands International – Indonesia Programme untuk disertakan sebagai bagian dari kegiatan sensus burung air tingkat asia (Asian Waterbird Census (AWC)) yang diselenggarakan pada bulan pertama setiap tahun.

2. Pembuatan Fact Sheet burung Kowak Malam Abu.

Poster dan brosur menjadi media edukasi tentang burung kowak-malam abu bagi masyarakat Kota Bandung.

3. Studi Distribusi Kowak – Malam Abu di Kota Bandung dan kondisi habitat makan.Kegiatan yang direncanakan berupa survey distribusi dan kelayakan habitat makan burung kowak malam abu yang dilaksanakan di habitat makannya di kawasan Bandung Timur (Gedebage, Majalaya dan sekitarnya).

Comments are closed.

BICONS’ Archives

%d bloggers like this: