>
you're reading...
Biconers

Binokuler, “Senjata” dan Teman Setia Para Pengamat Burung

Binokuler, merupakan salah satu alat wajib bagi seorang pengamat burung. Binokuler biasa disebut juga dengan teropong atau juga disebut “kekeran”. Yap, fungsinya tidak lain adalah untuk membantu keterbatasan mata dalam melihat objek yang jaraknya cukup jauh.

100_5136

Saat ini banyak macam binokuler yang tersedia untuk kita, namun kadang kita kurang jeli dalam memilih suatu binokuler yang cocok untuk kita gunakan. Tidak jarang pula pemilihan binokuler hanya disesuaikan dengan kenyamanan masing-masing individu. Untuk membantu memilih bino yang cocok maka kami ingin berbagi sedikit mengenai binokuler. Untuk prinsip kerja binokuler secara detail, anda bisa lihat di http://www.nightskyinfo.com/binoculars/

Setiap binokuler memiliki ukuran perbesaran tersendiri, dan ini mempengaruhi cahaya yang masuk ke dalam binokuler sehingga berpengaruh juga terhadap jelas/tidaknya objek yang kita lihat. Misalnya, binokuler dengan ukuran 7×50, artinya:

  • Perbesaran/magnifikasi yang disediakan oleh si binokuler adalah 7x, atau bisa dibilang objek yang dilihat dapat mencapai 7 kali lebih dekat dibandingkan hanya dengan mata biasa. Semakin besar perbesaran juga berpengaruh terhadap fokus dan getaran yang kita timbulkan. Maka dari itu semakin tinggi perbesarannya, butuh alat bantu untuk menyangga si bino agar dapat memfokuskan penglihatan ke objek (atau cara lain, minimal untuk mengurangi getaran).
  • 50 adalah diameter lensa objektif binokuler tersebut dalam satuan milimeter (mm). Semakin besar diameternya, semakin banyak pula cahaya yang masuk dan dapat difokuskan ke mata kita.
  • Ukuran 7×50 juga menunjukkan bukaan untuk cahaya si binokuler yaitu 50/7 = 7mm. Dalam keadaan normal, pupil manusia terbuka kurang lebih 7 mm. Berdasarkan ukuran binokuler dan keadaan normal pupil maka objek yang dilihat akan terlihat dengan jelas. Berbeda jika binokuler memiliki ukuran 8×21 yang artinya bukaan pupilnya 21/8 = 2,6. Ukuran ini menuntut pupil mata kita bertambah besar untuk menerima cahaya lebih banyak, karena pada ukuran ini cahaya yang masuk sangat terbatas sehingga lebih baik melihat dengan mata biasa dari pada menggunakan binokuler dengan perbesaran ini (8×21). Biasanya binokuler dengan bukaan  > 5mm, bsa digunakan dalam kondisi minim cahaya.  (sumber: http://monyetdaun.blogspot.com/2006/09/binokuler-senjata-ampuh-tanpa-tanding.html)

Kemampuan mata manusia dalam melihat berbanding terbalik terhadap usia. Maka, jika kita perhatikan dari penjelasan di atas, bisa kita tentukan binokuler mana yang sesuai dengan kemampuan mata kita. Perbesaran yang tinggi juga mempengaruhi ukuran si bino, makin tinggi perbesarannya semakin besar pula ukuran dan berat si bino.

Selamat memilih bino ^^,

Advertisements

About Bicons

Berdiri pada 24 September 1999, diinisiasi oleh beberapa orang yang peduli dengan pelestarian burung dan habitatnya. BICONS didirikan atas dasar pemikiran semakin terdesaknya keberadaan satwa liar di kawasan perkotaan. Burung dijadikan sebagai titik masuk BICONS untuk berbagai upaya pelestarian lingkungan hidup.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

BICONS’ Archives

%d bloggers like this: