>
you're reading...
Biconers, Bird News, Events

HASIL KEGIATAN WORKSHOP MIGRASI RAPTOR

Puji syukur kepada Tuhan yang maha esa, Acara Workshop Migrasi Raptor Di Indonesia yang diselenggarakan pada tanggal 13 Oktober 2012 dan pengamatan Migrasi  Raptor pada tanggal 14 Oktober 2012 telah berjalan dengan baik meskipun terdapat beberapa kendala baik teknis dan non-teknis, kami dari pihak panitia memohon maaf atas segala kekurangan selama acara berlangsung, semoga tidak menurunkan semangat kita untuk terus memajukan konservasi burung ^^. Ini dia hasil kegiatannya:

13 Oktober 2012

Acara diselenggarakan di aula gedung BPLHD lantai 5, di jalan Naripan no.25. Workshop di buka oleh Asman A P selaku ketua RAIN disusul dengan beberapa patah sambutan oleh Asman A P dan Abdul R Hafif (Koordinator BICONS). Acara dibuka dengan pemutaran film yang menceritakan tentang burung Elang Jawa.

Workshop dilanjutkan dengan pematerian yang di bawakan oleh Zaini Rahman (YPAL & RAIN), Asman Adi P (RAIN), dan Budi Hermawan (BWP) (Tercantum pada Update Agenda – Red), yang kemudian dilanjutkan dengan diskusi yang di fasilitasi oleh Ader Rahmat (BICONS). Diskusi yang dilakukan oleh seluruh peserta yang hadir diantaranya membahas:

  1. potensi daerah sekitar Bandung yang menjadi jalur migrasi burung
  2. mencari bottle neck migrasi di sekitar Bandung

Hasil diskusi tersebut dengan menggunakan citra satelit (google earth), mendapatkan beberapa wilayah yang berpotensi untuk jalur migrasi sebagai tempat istirahat dan mencari makan bagi burung, dari arah cianjur salah satu tempat potensi yaitu Cirata. Jalur lanjutan migrasi dari daerah Cirata kemudian terpecah kebagian bandung utara (padalarang, lembang, panaruban dll) dan bandung selatan (jatinangor, manglayang dll).

Pada akhir acara kemudian di tetapkan untuk lokasi pengamatan migrasi raptor di wilayah Panaruban, Subang, karena sudah terdapat catatan-catatan mengenai burung-burung yang bermigrasi, selain itu juga pernah terdokumentasi.

Foto: BICONS

Foto: BICONS

14 Oktober 2012

Setelah memutuskan tempat pengamatan pada tanggal 13 Oktober 2012, kami bertolak ke tempat pengamatan di Panaruban, Subang. Hawa sejuk dan dinginnya udara pegunungan tidak mengurangi semangat kami untuk mengamati tamu-tamu kita yang berasal dari sebrang negara dan benua. Hasil pengamatan ini diantaranya adalah sebagai berikut:

95 Pernis ptilorhynchus (Oriental Honey Buzzard)

73 Accipiter sp

Non Migran:

3 Falco molucensis

1 Ictinaetus malayensis

1 Nisaetus cirrhatus

Foto: Ahmad Shofyadi

Foto: Budi Hermawan

Foto: Budi Hermawan

Advertisements

About Bicons

Berdiri pada 24 September 1999, diinisiasi oleh beberapa orang yang peduli dengan pelestarian burung dan habitatnya. BICONS didirikan atas dasar pemikiran semakin terdesaknya keberadaan satwa liar di kawasan perkotaan. Burung dijadikan sebagai titik masuk BICONS untuk berbagai upaya pelestarian lingkungan hidup.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

BICONS’ Archives

%d bloggers like this: