>
you're reading...
Uncategorized

The Big Year – Marathon Bird Race

Gimana yaa kalo Bird Race dilakukan selama 1 tahun?

Yak, sebuah film yang menceritakan tentang perlombaan birdwatching menjawab pertanyaan itu. Big Year – sebuah kompetisi pengamatan burung (birdwatching) spektakuler dan prestisius – diselenggarakan secara marathon selama 365 hari (1 tahun) di Amerika Utara. Kegiatan ini diselenggarakan setiap tanggal 1 Januari dan diminati oleh banyak orang.

Sebagaimana Bird Race yang biasa diselenggarakan oleh birder di Indonesia, dalam perlombaan birdwatching ini juga mengharuskan peserta menemukan jenis dan mengambil gambar dari setiap jenis burung yang ditemukan. Bagi yang berhasil menemukan jenis burung dalam jumlah paling banyak, dia yang akan jadi pemenangnya. Kemenangan ini akan menjadi suatu yang amat membanggakan karena kompetisi ini adalah kompetisi yang mahal dan penuh perjuangan. Big Year, akan menjadi kompetisi yang melelahkan bagi seluruh peserta, termasuk bagi Kenny Bowstick (Owen Wilson), Stu Preissler (Steve Martin), dan juga Brad Harris (Jack Black) – yang saling bersaing satu sama lain.

Kenny Bowstick, sang twitcher sombong dan juara pada kompetisi Big Year tahun lalu, berambisi mengulang kembali kesuksesannya. Sedangkan Stu Preissler, lelaki paruh baya yang mengundurkan diri sebagai CEO di sebuah perusahaan, ingin meningkatkan passion hidupnya dengan mengikuti Big Year. Berbeda dengan Brad Harris, seorang birder yang telah mengumpulkan uangnya demi meraih impiannya mengikuti Big Year, tujuannya satu- ia ingin lebih banyak menemukan jenis burung yang belum ia temukan sebelumnya terutama di kawasan Amerika Utara ini.

Petualangan cross-country untuk birdwatching dan momen-momen mendapati jenis burung yang ditemukan membawa mereka bersaing dalam kompetisi  dan menjadi bagian yang menarik dari film ini. Bagaimana tidak, peserta diberi kesempatan untuk me-record semua jenis burung di Amerika Utara dalam waktu yang cukup panjang, di berbagai tempat. Pergantian musim selama satu tahun juga menjadi tantangan tersendiri bagi para peserta Big Year. Musim migrasi, menjadi salah satu momen unik dan para peserta berlomba memperoleh gambar terbaik. Kita akan terbius dengan keindahan jenis-jenis burung yang ditampilkan dengan berbagai tingkah lakunya. Jenis burung seperti Wrabler, Peregrine, Snowy Owl, Woodpecker, merupakan bagian dari yang ditampilkan dari film ini. Bagian yang lucu adalah ketika beberapa birder dapat secara fasih menirukan suara burung dan menjadikannya ‘trik’ untuk bersaing dengan peserta lain.

Terakhir, bagian paling mengesankan adalah ketika ditemukan sepasang Bald Eagle saling menari di angkasa dan berhasil diabadikan sempurna oleh Brad Harris. Kemenangan dalam kompetisi yang panjang, tentu mengorbankan banyak hal. Namun, berkorban secara bijaksana juga menjadi pesan penting yang disampaikan dalam film ini.

Selamat menonton 🙂

.nnad.

Advertisements

About Bicons

Berdiri pada 24 September 1999, diinisiasi oleh beberapa orang yang peduli dengan pelestarian burung dan habitatnya. BICONS didirikan atas dasar pemikiran semakin terdesaknya keberadaan satwa liar di kawasan perkotaan. Burung dijadikan sebagai titik masuk BICONS untuk berbagai upaya pelestarian lingkungan hidup.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

BICONS’ Archives

%d bloggers like this: