>
you're reading...
Biconers, Bird News, Events

Seminar “Changing lifestyle, Changing Life and Corporate Social Responsibility as a Choice for Biodiversity Conservation”

Erasmus Huis, the Cultural Centre of the Netherlands Embassy, Jakarta
01 September 2009

Berangkat dari Bandung Pukul 08:45 WIB dengan Kereta Api Parahyangan dari Stasiun Bandung dan kemudian tiba di Stasiun Gambir pada Pukul 12.00 WIB. Akhirnya anggota BICONS, Siti Hazar dan Felicia Lasmana tiba di Erasmus Huis atau Kedutaan Besar Belanda yang berada persis di sebelah Kedutaan Besar India, Polandia dan Singapura, Jalan Rasuna Said. Pertama kali tiba di Erasmus Huis kita langsung dihadapkan pada pengamanan yang super ketat jadi masih sangat kentara sekali isu teroris nih… Apalagi sepanjang jalan menuju Erasmus Huis di depan tiap kedutaaan pasti ada satuan pengamanan yang lengkap dengan kacamata hitam, masker hitam plus benteng super tinggi dan tebal serta kamera CCTV Weks….Memasuki kompleks Erasmus Huis (baca: Eras-mus Heu-is), kita bingung juga pas ditanya mo kemana? Kita pan taunya Seminar CSR teh di Erasmus Huis tapi bagian mananya kurang tahu. Ya sudahlah jadi kita ikut seorang Bapak yang juga staf di sana dan ternyata seminarnya di lantai 2 yaitu, Auditorium Erasmus Huis. Berhubung masih jam 1an dan seminar baru mulai jam 2 jadi kita liat2 pameran ilustrasi dulu yang telah berlangsung mulai 11 Agustus – 3 Oktober 2009 di lantai 1. Pas mo masuk ruang pameran akhirnya ketemu teman lama ketika di Operation Wallacea, Buton 3 tahun lalu. Sekarang dia “Fikty Aprilinayati” sudah jadi guru SD Internasional Australia di Kemang. Walaupun demikian dia masih mengikuti perkembangan berita dan informasi tentang isu keanekaragaman hayati. Jadi wae kita reuni di sana hehe :D. Waktu terus berjalan dan tiba saatnya untuk memasuki ruang seminar. Peserta yang datang sedikitnya 80 hingga 100 orang dari berbagai instansi, NGO, maupun masyarakat umum.

Acara seminar dibuka oleh Ibu Pam Minnigh yang adalah Executive Director PILI-Green Network. Lalu acara dilanjutkan oleh moderator Ibu Damayanti Buchori, seorang entomologist dari Institut Pertanian Bogor yang kemudian memperkenalkan para panelis/narasumber. Narasumber yang diundang berasal dari 4 perusahaan besar lokal maupun asing, yaitu Bapak Usman (CHEVRON), Bapak Kardi Maryoto (BSP – Bakrie Sumatera Plantation), Ibu Sinta Kaniawati (Unilever), dan Ibu Yolanda Tobing (BNI 1946). Pada berbagai sisi secara umum dijelaskan berbagai program CSR (Corporate Social Resposibility) perusahaan ini terkait dengan isu biodiversitas. Ibu Sinta dari Unilever memperkenalkan Mallika yaitu varietas kedelai hitam hasil kerjasama penelitian Unilever dan Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. Selain itu ada pula program Kali Berantas di Surabaya. Isu yang diangkat terkait dengan biodiversitas adalah sustainable agriculture dan sustainable growth. Bagaimana keanekaragaman hayati menjadi sumber dan nyawa dari pembangunan terutama pertanian yang berkelanjutan. Pertanian yang tidak hanya semata-mata mementingkan hasil produksi tapi juga dapat mengangkat derajat hidup warga miskin khususnya petani. Isu pertumbuhan penduduk yang vital bagi pembangunan berkelanjutan juga dibahas oleh Ibu Sinta. Di pinggiran Kali Berantas, dahulu umumnya para penduduk tidak peduli terhadap lingkungan dengan membuang sampah sembarangan atau langsung ke sungai. Dengan adanya program dari Unilever, masyarakat bahu membahu dan dapat mandiri untuk melestarikan lingkungan dengan cara membuat kompos dan memisahkan sampah organik dan anorganik. CSR yang dimaksud tentunya bukan philantropi belaka tapi bagaimana sumbangsih perusahaan dapat berguna untuk kemandirian masyarakat dalam pembangunan. Selanjutnya Bapak Usman dari CHEVRON menjelaskan tentang proyek gas buminya di Sukabumi dan Garut. Isu biodiversitas yang diusung adalah berbagai program kemitraan Chevron misal Raptor Sanctuary di Gunung Salak, Bogor yang disebutnya sebagai Corporate Responsibility (CR). Bapak Kardi dari BSP juga kemudian menjelaskan berbagai program BSP dalam rangka konservasi hutan yang sebelumnya merupakan lahan perkebunan kelapa sawit. Dan akhirnya panelis terakhir yaitu, Ibu Yolanda dari BNI 1946 menjelaskan program BNI Green Initiatives. Akhir acara pun akhirnya ditutup oleh diskusi dan review dari Bapak Jalal (Direktur CSR Indonesia) dan penutupan oleh Ibu Pam Minnigh.

Secara singkat seminar ini membahas bahwa CSR di Indonesia tak hanya untuk changing lifestyle atau changing life tapi juga changing mindset (mengubah pola pikir sehingga masyarakat lebih sadar terhadap lingkungan). Program kemitraan atau parthership dapat pula dijadikan salah satu program CSR. Walaupun demikian kenyataannya CSR di Indonesia masih saja tak lepas dari dogma business as usual. Selain itu masih banyak pula perusahaan yang masih tidak peduli terhadap lingkungan apalagi isu biodiversitas. Lebih lanjut masih banyak pula perusahaan yang masih menganggap bahwa CSR merupakan kesempatan bagi perusahaan untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan. Bisa jadi oleh karena itu perusahaan dan LSM lingkungan tidak pernah dapat berjalan beriringan. Memilih jalan antar konservasi dan evolusi tentunya akan menjadi sulit apabila realita yang terbentuk seperti ini. Namun bagaimana cara kita sebagai warga dunia untuk menyikapi hal tersebut? Itu adalah pertanyaan bagi kita semua.

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai rangkaian acara ini dapat dilihat link berikut ini http://www.pili.or.id/exhibition/Home.html

http://www.facebook.com/album.php?aid=100147&id=830879557&l=65c55e04b6

Advertisements

About Bicons

Berdiri pada 24 September 1999, diinisiasi oleh beberapa orang yang peduli dengan pelestarian burung dan habitatnya. BICONS didirikan atas dasar pemikiran semakin terdesaknya keberadaan satwa liar di kawasan perkotaan. Burung dijadikan sebagai titik masuk BICONS untuk berbagai upaya pelestarian lingkungan hidup.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

BICONS’ Archives

%d bloggers like this: