>
you're reading...
Biconers, Events, SBW

Sharing Training ESD (Education Environmental Development)

Nadia Rahma Yusnita

Nadia Rahma Yusnita

Perkembangan pendidikan lingkungan hidup di Indonesia masih dibilang prematur. Berbagai lembaga pendidikan formal baik di tingkat SD, SMP, dan SMA sekarang ini telah memiliki kurikulum yang memadai untuk pendidikan lingkungan hidup (PLH). Namun bagaimanakah dengan ESD (Education Sustainable Development) atau pendidikan lingkungan hidup yang berkelanjutan? Pada hari Minggu, 22 Desember 2008 telah diadakan diskusi bersama dengan Nadia Rahma Yusnita (BICONS) yang menghadiri Training ESD pada bulan Oktober 2008 di Hotel Puri Kencana, Lembang. Mungkin acara berbagi informasi terbilang terlambat karena satu dan lain hal akhirnya dapat dilaksanakan juga.

Adapun acara training tingkat Nasional ini diadakan oleh HSF (Hans Seidel Foundation) sebuah LSM International yang berada naungan UNESCO serta YPBB (Yayasan Pengembangan Biosains & Bioteknologi). Topik yang diusung selain EE (Enviromental Education) adalah ESD yang belum banyak diketahui dan diimplementasikan di Indonesia. Secara singkat dalam training yang berlangsung selama 3 hari tersebut Nadia menjelaskan bahwa metode yang digunakan adalah Metode Atkinson Compass yang mengintegrasikan aspek ekonomi, sosial dan lingkungan. Termasuk diantaranya adalah Nature, Well being, Society dan Economy. Sehingga pendidikan lingkungan hidup dapat mendukung pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

Kawasan Lembang dipilih sebagai studi kasus implementasi ESD di Indonesia. Di mana masing-masing peserta diminta untuk melakukan studi berupa wawancara penduduk yang umumnya berprofesi sebagai petani dan peternak sapi. Pada akhir acara dapat ditarik kesimpulan bahwa pendidikan lingkungan hidup yang mendukung pembangunan berkelanjutan merupakan pekerjaan besar semua pihak dan oleh karena itu membutuhkan kesamaan paradigma. dari pemerintah, lembaga institusi formal/informal serta masyarakat. BICONS sebagai lembaga informal juga memiliki peran dalam usaha pendidikan lingkungan hidup Indonesia khususnya di Kota Bandung

Jadi marilah bersama-sama kita dukung pendidikan lingkungan hidup yang berkelanjutan di Indonesia!!

P.S.: Nantikan acara pelatihan dan diskusi bareng BICONS berikutnya ya…:)

Advertisements

About Bicons

Berdiri pada 24 September 1999, diinisiasi oleh beberapa orang yang peduli dengan pelestarian burung dan habitatnya. BICONS didirikan atas dasar pemikiran semakin terdesaknya keberadaan satwa liar di kawasan perkotaan. Burung dijadikan sebagai titik masuk BICONS untuk berbagai upaya pelestarian lingkungan hidup.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

BICONS’ Archives

%d bloggers like this: