>
you're reading...
Biconers

Biodiversity Journey to Borneo

Dari tanggal 29 Juni sampai 7 Agustus 2008, saya mendapat kesempatan untuk mengikuti Summer Field Course Harvard University di Sabah-Serawak, Malaysia. Bersama 3 teman-teman dari Indonesia lainnya (Eni Hidayati-Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada, Dwi Susanto-Fakultas Biologi Universitas Indonesia dan Wulan Pusparini-Yayasan Badak Indonesia), kami bergabung bersama 6 peserta lain dari Asia (Malaysia, Singapura, Srilanka, India) dan 10 peserta dari Harvard University, United States of America.

Summer Field Course ini merupakan kali kedua yang diadakan oleh Harvard University Summer School, Center for Tropical Forest Science dan the Arnold Arboretum (CTFS-AA). Sebetulnya, materi-materi yang diberikan kebanyakan pernah saya dapatkan sewaktu di bangku kuliah. Tetapi tetap saja ilmu dan penyajiannya tetap menarik dan berbeda. Karena kuliah yang diberikan dalam bahasa inggris dan para pemateri lebih mengajarkan kita untuk memecahkan contoh kasus dan menjawab pertanyaan-pertanyaan ilmiah yang kita miliki. Pemateri-pematerinya pun tak kalah memukau seperti Dr. Cam Webb, beliau adalah seorang ahli tumbuhan sekaligus koodinator program Summer Field Course ini. Ada lagi Stuart Davies, Direktur CTFS; Dave Lohman (NUS) dan Rod Eastwood (Harvard University), para entomologist; Paul Moorcroft (Harvard University), seorang climatologist dan pekerja NASA yang mengajarkan saya tentang fenomena climate change dan global warming dari waktu ke waktu, dan lain sebagainya. Belum lagi selama course, seluruh peserta field course didampingi oleh tutor-tutor dari CTFS (Min Sheng Khoo), NUS (Shawn Lum), Harvard University (Santiago Ramirez dan Shirley Xiaobi Dong) dan dari PEKA Indonesia (Heny Mangangantung). Selain mendapat kuliah, kami juga diwajibkan untuk melakukan scientific project di tempat-tempat yang telah ditentukan dan melakukan pengamatan taxon (kelompok taxa, bisa berupa tumbuhan atau hewan). Karena saya tertarik dengan keong, taxon Gastropoda lah yang saya pilih untuk saya amati keberadaannya selama course ini.

Seluruhnya ada 8 tempat yang kami kunjungi selama di Malaysia timur ini. Lambir Hills National Park di Miri, Sarawak, adalah lokasi pertama kami. Disini kami mendapat kuliah tentang tumbuhan, serangga, analisis statistik “R”, penggunaan perangkat digital untuk pengamatan hingga mempelajari budaya masyarakat Borneo. Lambir juga merupakan lokasi pertama kami melakukan scientific project. Project pertama saya (bekerja sama dengan Eni Hidayati dari Indonesia dan Nur Hasreena dari Malaysia) adalah mengetahui apakah ada perbedaan komposisi semut pada batang keluarga tumbuhan Anacardiaceae (mangga-manggaan) yang beracun dan tidak beracun. Hasilnya, terdapat perbedaan komposisi semut antara Anacardiaceae yang beracun dan tidak beracun bagi manusia. Namun, penelitian lebih lanjut sangat dianjurkan mengingat kurangnya waktu pengambilan data dan jumlah sampel pohon pada penelitian ini.

Foto grup di Lambir Hills National Park

Foto grup di Lambir Hills National Park

Lokasi kedua adalah Niah National Park, a magnificent place, lokasi yang kaya dengan kapur (karst/limestone area) dan terdapat gua yang dulu digunakan oleh manusia prasejarah. Lokasi ini merupakan surga bagi keong karena ketersediaan zat kapurnya yang melimpah (keong membutuhkan zat kapur untuk pertumbuhan cangkangnya), walhasil banyak sekali keong yang saya dapat dari lokasi ini. Tentunya keong-keong tersebut tidak saya koleksi, saya hanya mencatat beberapa karakternya dan mengambil foto. Sehingga keong-keong tersebut tetap berada di habitat aslinya

Gua Niah di Niah National Park, photo by Ayu Nurinsiyah (2008)

Gua Niah di Niah National Park, photo by Ayu Nurinsiyah (2008)

Dari hutan dataran rendah, kami berpindah ke Pulau Gaya, Sabah. Disini kami mempelajari tentang konservasi laut, ekologi dan evolusi coral, plankton, mamalia laut dan tentunya ikan. Lima hari selama disana betul-betul saya manfaatkan untuk snorkeling dan mengamati kehidupan dasar laut. Selama observasi, kami dibantu oleh para pengajar dari Departemen Kelautan, University Malaysia Sabah. Di Pulau Gaya, kami diberi tugas untuk melakukan project kedua. Saya bersama 3 mahasiswa dari Harvard University (Alan Chiu, Anna Ruman dan Cindy Liu) melakukan penelitian untuk mengetahui adakah asosiasi antara ikan anemone (anemone fish) dengan jenis anemone-nya. Sebetulnya sih, kami melakukan penelitian ini karena kami berempat tertarik dengan Nemo (ikan badut yang ada film-nya di layar lebar). Dan ternyata hasilnya menarik sekali. Terdapat hasil yang sangat signifikan yang menunjukan bahwa terdapat asosiasi antara ikan anemone dengan jenis anemone dan panjang tentakel anemone. Selain Pulau Gaya, kami juga berkesempatan untuk melakukan day trip ke Pulau Sapi.

Pulau Gaya, photo by Chong Kwek Yan (2008).

Pulau Gaya, photo by Ayu Nurinsiyah (2008).

Pulau Sapi, photo by Chong Kwek Yan (2008).

Pulau Sapi, photo by Chong Kwek Yan (2008).

Gunung Kinabalu dari Pulau Gaya, photo by Ayu Nurinsiyah (2008).

Gunung Kinabalu dari Pulau Gaya, photo by Ayu Nurinsiyah (2008).

Advertisements

About Bicons

Berdiri pada 24 September 1999, diinisiasi oleh beberapa orang yang peduli dengan pelestarian burung dan habitatnya. BICONS didirikan atas dasar pemikiran semakin terdesaknya keberadaan satwa liar di kawasan perkotaan. Burung dijadikan sebagai titik masuk BICONS untuk berbagai upaya pelestarian lingkungan hidup.

Discussion

4 thoughts on “Biodiversity Journey to Borneo

  1. Gmana cara ikut kgiatan tu kak?

    Posted by Hana Matsurika | 6 December 2009, 10:05 am
  2. Coba cek di http://phylodiversity.net/borneo-course/seastudents.html.
    Deadline-nya 05 Februari 2010

    Posted by BICONS | 9 December 2009, 1:29 pm
  3. halo hana,

    yup klik aja link yang udah dikasi sama BICONS. Untuk Asian student kita bakal dapet scholarship kok..

    Asik banget deh pokoknya!! hehe
    ditunggu partisipasinya y

    Posted by Ayu Nurinsiyah | 1 February 2010, 3:15 am
  4. wah nice trip nich….

    Posted by Trips In Borneo | 19 September 2011, 3:22 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

BICONS’ Archives

%d bloggers like this: