>
you're reading...
Biconers, Events, SBW

TALUN dan Ngabuburit BICONS

Acara Ngabuburit BICONS di Hari Minggu, 21 September 2008 diisi oleh diskusi interaktif bersama Farid Alfalaki Hamid. Member Bicons sejak tahun 2007 ini mengajak kita berbicara tentang Talun. Apakah itu talun? Talun adalah lahan di suatu daerah yang biasanya sengaja ditanami oleh tanaman yang bersifat perenial. Contoh talun adalah Talun Bambu, Talun Albasiah dan Talun Petai. Jadi berbeda dengan kebun yang biasanya ditanami palawija dan tanaman semusim. Berdasarkan komposisi dan keanekaragaman jenis satwa terutama burung di Kawasan Soreang ternyata didapatkan bahwa keanekaan jenis burung yang berada di daerah talun lebih banyak dibandingkan dengan jenis burung yang ada di kebun sekitarnya. Hal ini dapat disebabkan karena perbedaan variasi jenis tumbuhan yang lebih beraneka pada talun jika dibandingkan dengan tumbuhan yang ada di kebun. Selain itu terdapat pula kecenderungan beberapa jenis burung untuk mengunjungi beberapa jenis pohon berbunga semisal nangka dan petai.

Berkaitan dengan penanganan atau manajemen tata ruang Kota Bandung, fungsi keberadaan pohon memerlukan penanganan yang tepat dalam rangka menjaga kelestarian jenis satwa yang bergantung pada  jenis pohon tersebut. Pohon-pohon dari golongan Papilioniceae (polong-polongan) seperti petai dapat dikatakan jenis keluarga tumbuhan yang tepat untuk ditanam. Tidak hanya burung beberapa jenis satwa lainnya turut pula tercatat bergantung kepada keberadaan tumbuhan dari suku polong-polongan ini. Sebagai contoh adalah kelelawar, serangga dan mammalia kecil seperti bajing.

Advertisements

About Bicons

Berdiri pada 24 September 1999, diinisiasi oleh beberapa orang yang peduli dengan pelestarian burung dan habitatnya. BICONS didirikan atas dasar pemikiran semakin terdesaknya keberadaan satwa liar di kawasan perkotaan. Burung dijadikan sebagai titik masuk BICONS untuk berbagai upaya pelestarian lingkungan hidup.

Discussion

2 thoughts on “TALUN dan Ngabuburit BICONS

  1. naha nyang ituh yg jadi foto headlinenyah 😀

    Posted by niteranger | 24 September 2008, 5:48 pm
  2. Ini teh pematerinya…:)

    Posted by bicons | 24 September 2008, 7:42 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

BICONS’ Archives

%d bloggers like this: