>
you're reading...
Biconers, SBW

DISKUSI TERBUKA SBW BICONS

Sambil ngabuburit euy….

Sekelompok anak muda duduk melingkar di salah sudut Taman Ganesha sambil menunggu bedug tanda berbuka puasa. Timbul pertanyaan ada apakah gerangan? Ternyata terdapat agenda baru dalam kegiatan mingguan BICONS yaitu DISKUSI TERBUKA SBW BICONS. Farid Alfalaki Hamid salah seorang anggota BICONS adalah orang pertama yang menginisiasi kegiatan ini. Kegiatan ini dimaksudkan untuk berbagi pengalaman teman-teman BICONS yang kebetulan beruntung diberi kesempatan untuk bekerja atau mendapatkan beasiswa penelitian di bidang keanekaragaman hayati pada beberapa daerah di Indonesia.

Minggu, 07 September 2008

Diskusi Minggu ini diisi oleh Felicia Lasmana yang pada tanggal 12 Juni hingga 07 Agustus 2008 menjadi peneliti kelelawar di bawah naungan Operation Wallacea, Ltd. (Opwall). LSM konservasi yang berbasis di Inggris ini sudah 10 tahun beroperasi di Indonesia, terutama Pulau Buton, Sulawesi Tenggara. Pada kesempatan tersebut Felicia memimpin proyek monitoring kelelawar pemakan serangga dan kelelawar buah. Proyek monitoring kelelawar pemakan serangga sendiri bertujuan untuk mengetahui sampai sejauh mana efek degradasi hutan terhadap keberadaan populasi dan komunitas kelelawar pemakan serangga di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara. Apalagi dikatakan bahwa Pulau Buton merupakan miniatur dari Pulau Sulawesi secara keseluruhan yang memiliki karakteristik khas Kawasan Wallacea. Kawasan yang unik ini telah diketahui para peneliti sejak lama menyimpan berbagai keanekaragaman hayati yang cukup tinggi. Kelelawar pemakan buah juga merupakan fokus dari Proyek Kelelawar Opwall tahun 2008. Khusus kelelawar buah, studi yang baru dilakukan pada tahun ini ditujukan untuk mengetahui jenis kelelawar apa sajakah yang termasuk kelelawar penyerbuk. Selain itu proyek ini dimaksudkan untuk mengetahui jenis tumbuhan apa sajakah yang diserbuki oleh kelelawar di Sulawesi terutama Pulau Buton.

Advertisements

About Bicons

Berdiri pada 24 September 1999, diinisiasi oleh beberapa orang yang peduli dengan pelestarian burung dan habitatnya. BICONS didirikan atas dasar pemikiran semakin terdesaknya keberadaan satwa liar di kawasan perkotaan. Burung dijadikan sebagai titik masuk BICONS untuk berbagai upaya pelestarian lingkungan hidup.

Discussion

2 thoughts on “DISKUSI TERBUKA SBW BICONS

  1. bisakah aku dibantu untuk mencari jenis kelelawar, yang baru-baru ini aku foto didalam goa tepat di kaki pegunungan molindowe, sekitar 20 km dari kota sorowako.

    Posted by henderson | 28 July 2012, 12:01 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

BICONS’ Archives

%d bloggers like this: