>
you're reading...
Biconers

Bicons jalan2 euy…!!

Tim Keren..

Ternyata….

Udah lama juga Bicons ngga jalan2, dan akhirnya jumat 6-8 Juni 2008 lalu jalan2 juga deh. Kalo selama ini Biconers hanya birdtour interen di sekitaran Bandung, tempat yang kali ini kita pilih adalah Gunung Halimun, horree!!! Sorak barudak…!!

Dimulai dengan pengumpulan massa yang fluktuatif, akhirnya terpilihlah 18 orang keren untuk mengikuti jalan2 ini hehe…

Bisa ditebak donk, yang nulis blog ini pasti ikut 😀

Berangkat dengan 2 mobil, di mobil 1 ada pilot kita yang keren A’Bomz, Yogi, Boxy, Farid (tebak donk, si Farid utah nepi ka 5x, mun ceuk Tedi mah ‘GAM Tumbang!’ hehe…peace RidJ), Ima, Renny, Nida, Felish, dan si Akyu tentunya. Di mobil 2, ada K’Agus sebagai pilot, Tedi, Ader, Ayu, Siti, Jim, Chimouw, Wina, ama Deri.

Seperti biasa, ngumpul ma jadwal berangkatnya terpaut 2 jam, hiaww….

Ngumpul di Paledang maghrib, dan berangkat hampir setengah 9, dengan rute tol Pasir Koja – Padalarang via Puncak, akhirnya berangkatlah kita, Bismillahirohmanirrohiim….

Selama perjalanan selalu ditemani dengan haha hihi dari seluruh komponen peserta, kecuali….yah anda bisa menebak jika tiba2 ada yang pias dan bilang ‘Mual euy…’

Akhirnya, sampai juga kita di Kabandungan kira2 jam setengah 1an, dan istirahat di mushola sekalian ngecas tenaga buat jalan lagi ke Cikaniki. Untungnya, walaupun tulang2 kita pada beku paginya masih tetep bisa bangun hehe..

Yosh! Minna iku yoo…

Halimun di samping messBerangkat lagi deh ke Cikaniki jam setengah 6, Sabtu paginya. Jalan yang kita lewati ngga banget deh, masih batu2 yang ngga rata, yang ngebuat si mobil koclak ke kiri dan ke kanan, dan ngga bisa cepet tentunya. Akhirnya setengah 10an sampe juga di Cikaniki, bagi2 kamar dan langsung pengamatan deh…

Pengamatan pertama dimulai dari gazebo samping mess, menyusuri jalur canopy trail dan kaluar di perkemahan Citalahab.

Total burung yang kita liat sekitar 42 jenis. Ada sikatan, ciung, munguk, ducula, kadalan, yang senengnya pas dapet Drongo, apalagi yang Racket-tailed Drongo. Pengamatan selesai jam1an, kita pake buat istirahat, makan dan mandi. Tapi emang dasarnya maniak burung sih, mau istirahat juga pengamatan masih tetep jalan loh di gazebo samping mess. Nah…pas disini nih kita rada binun identifikasi, ada 1 jenis sikatan kayak Cyornis unicolor tapi lebih kecil dan lebih burik dari pink ke abu bagian perutnya, birunya juga lebih pias. Yang pada akhirnya kita masukkan ke juvenilnya…mudah2an ga salah (hmmm…ada ga ya gambar jelasnya?)

Buper CitalahabJam 4, berangkat lagi deh kita menuju canopy trail….Jadi da 5 shelter yang bisa dipake buat pengamatan, kira2 20 meteran dari tanah, dan panjang lintasannya antara 5-20 meter, duh ngaderegdeg sodara… Khusus buat yang ini, yang pengamatan mah pengamatan, yang banci kamera mah popotoan hehe…

Ngga lama di canopy trail, balik lagi deh kita ke mess, berhubung sodari felish kena ulet bulu…Lagian sok akrab ma kakang ulet bulu yang tidak jelas dimana ujudnya, jadi weh….

Si Jamur BerpendarDa yang unik lagi disini, jamur berpendar, pernah denger? Jadi penasaran, ini jenis jamur apa sih? Apa emang punya fluorescent sendiri ya jadi bisa berpendar? Berhubung namanya berpendar, bukan menyala, jadi ngga bisa kefoto pas lagi berpendarnya. Kita liatnya pas malem minggu lo, asa kencan dengan teman2…eh asa kencan ama pacet…Yup, makhluk imut yang senang meliuk2 ini tiba2 menggelayut dengan manisnya di kaki2 bau nan burik dan mulai mengecap asam-manisnya darah2 dari kaki2 kita…heran deh, ngga kebauan ya cet? Haddu….gatelnya masih deh sampe sekarang…

Sleeping time…Zzzzzzz…..

Yeee…uda pagi ya? Ngga terlalu jauh dari mess kita jalan2 lagi deh, saatnya ke Curug Macan… Uda puas maen airnya? Yu pulang yu… Setengah 11 pulanglah kita menuju rumah masing2, dan melewati jalan2 berbatu lagi yang hiaww…

Apakah (kaya ngomongnya Feni Rose di infotainment Silet) kita akan sampai jam 3? Dan benarkah (masih versinya Feni Rose) via sukabumi tidak akan macet seperti via puncak?Kita tunggu jawabannya selepas yang satu ini…

Yeiy….geningan nyampe paledang jam setengah6, tapi alhamdulillah kita sampe dengan selamat. Saatnya kerumah masing2 nih, yah selamat dijemput buat temen2 yang dijemput/nebeng…buat jalangkung (pergi tak diantar, pulang tak dijemput) seperti akyu mah, wayahna…nasip..nasip..uih sorangan abdi mah…hiks..

Walaupun ngga puas, karena total harinya ngan sehari seperempat, tapi mudah2n bisa nambah pengalaman baru nih, hayoo kabita? Buat temen2 yang mendadak kabita ke Halimun, jangan sedih…kesana aja sorangan hehe…

Tapi ini mah beneran, ngga enak kesana sendiri, kalo banyakan mah kan rame, banyak temen buat diskusi juga, n yang paling penting…ada orang yang bisa moto-in kita hehehe…itu juga kalo orangnya rido 🙂

Baiklah…sampai jumpa di jalan2 berikutnya,  n buat temen2 jangan lupa ikutan 2nd BOP yaa…. ja naa(uphyuth)

 

Advertisements

About Bicons

Berdiri pada 24 September 1999, diinisiasi oleh beberapa orang yang peduli dengan pelestarian burung dan habitatnya. BICONS didirikan atas dasar pemikiran semakin terdesaknya keberadaan satwa liar di kawasan perkotaan. Burung dijadikan sebagai titik masuk BICONS untuk berbagai upaya pelestarian lingkungan hidup.

Discussion

11 thoughts on “Bicons jalan2 euy…!!

  1. anda yang tidak ikut, sigana mah menyesal… pasti eta mah, meureun… hehehehe

    Posted by tedi | 15 June 2008, 10:29 pm
  2. TIdakkkkkkkk…nad pingin ikutttttttt..
    nyeselllllll….
    hikss..

    Posted by Nadia Rahma Yusnita | 22 June 2008, 8:58 pm
  3. Teh Uphyuth..masa tega nyuruh nad pergi sorangan…temenin yuks..heuheu..

    Posted by Nadia Rahma Yusnita | 22 June 2008, 9:01 pm
  4. Hayuu….
    Tapih bayarin buat akyuhnya 😀 ntar kita susun lagi acaranya meh banyakan, meh rame, meh banyak yang ngiri karena ngga bisa ikut hehehe…

    Posted by uphyuth | 22 June 2008, 9:20 pm
  5. salam sukses ka bicons…. lagi iseng pake google coba cari-cari ketemu juga blog2 para bird conservations di bandung….
    ditunggu postingan berikutnya
    salam kenal untuk semuannya ^_^

    Posted by m. adri | 30 June 2008, 12:54 am
  6. Eh…kang Ader masih aktif di Bicons?????
    Kumaha Damang?????

    Posted by tis | 30 June 2008, 8:39 pm
  7. wah keknya seru juga..

    Posted by hanggadamai | 1 July 2008, 12:34 am
  8. Masih donk…
    uda liat postingan ttg HCPSN?kang Ader lo yang jadi koordinator ya..Kangen kang Ader? Makanya ikutan peringatan HCPSN bicons novenber nanti…yaa..

    Posted by bicons | 1 July 2008, 2:50 pm
  9. maap akyu telat comment nyah..
    aku mah puas pisan ka halimun teh.. bener2 wonderful place lah…

    Posted by chiemow | 10 July 2008, 7:42 am
  10. Satu kata buat Burung2 di Halimun, “MANTAP”….
    sebenernya ga puas juga sih di sana cuma dua hari, kayaknya butuh lebih dari seminggu biar puas dan ga penasaran…

    Posted by deri | 15 July 2008, 11:36 am
  11. Wah jadi inget ikutan ini dua bulan yang lalu dech….
    Teman2 BICONS tunggu gua di Taman Ganesha besok ya.. 🙂

    Posted by Flasmana | 14 August 2008, 2:20 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

BICONS’ Archives

%d bloggers like this: