>
you're reading...
Biconers, Events, SBW

WALK ‘N HIKE GBM BOJONGKONENG

Mari bersama mengenal lingkungan sekitar!

Hari Minggu 01 Juni 08 ini, BICONS diundang oleh salah satu anggota BICONS yaitu, Keluarga Bapak Legawa untuk ber-hiking ria sekaligus ber-SBW di Perumahan Griya Bukit Mas II, Bojongkoneng. Kebetulan pada hari itu terdapat pula acara Walk ‘n Hike yang diperuntukkan bagi warga perumahan GBM. Acara yang diinisiasi oleh Oom Legawa ini bisa jadi merupakan kali kedua kunjungan BICONS ke GBM yang lokasinya terletak dekat dengan GOR Citra Arena, Cikutra ini. Setelah kira-kira 3 tahun sebelumnya BICONS mengadakan Program Outbond keluarga di daerah yang sama.

Mulai pukul 07.10 WIB hingga 10.30 WIB, sedikitnya 30 orang termasuk diantaranya barudak BICONS, bapak, ibu, serta anak – anak berjalan beriringan mengikuti jalur yang telah dipersiapkan oleh panitia. Dengan lintasan track hiking yang cukup lumayan menguras tenaga dan keringat berlebih berupa perbukitan, sungai, ladang, dan kebun. Semua peserta terlihat begitu menikmati suasana pagi yang segar kala itu disamping lebih mengenal lingkungan sekitar tentunya. Acara jalan kaki sekitar perumahan GBM inipun diselingi oleh istirahat berupa suguhan singkong goreng yang maknyos, gehu, bakwan, pisang goreng yang langsung diambil dari kebun tetangga serta kopi/teh hangat. Selesai beristirahat perjalanan hiking pun kembali bergulir dengan track yang lebih menantang dan ber-SBW. Tanpa melupakan inti dari SBW, para Biconers tentunya tidak melupakan visi dan misinya dalam membangun kesadaran masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Salah satunya dengan cara pengamatan burung. Beberapa spesies burung berhasil diamati oleh para Biconers seperti Kipasan belang (Rhipidura Javanica), Cabai jawa (Dicaeum trochileum), Wiwik uncuing (Cuculus sepulcralis), Caladi ulam (Dendrocopus macei), Bondol jawa (Lonchura leucogastroides), Cekakak jawa (Halcyon cyanoventris), Takur ungkut-ungkut (Megalaima hemacephala), dan Layang – layang loreng (Hirundo striolata). Pada suatu waktu malah seorang Biconers menemukan serpihan burung mirip Wiwik yang habis dimakan dan tercabik-cabik. Adapun menurut penduduk sekitar kemungkinan besar burung tersebut habis dimakan oleh ular yang sering berada di kebun sekitar kampung.

Akhirnya di akhir perjalanan seluruh peserta dihadiahkan sebuah panorama Bandung yang memukau nan memikat hati dari puncak Bukit Bojongkoneng. Sekembalinya dari puncak GBM, para peserta “Biconers” pun disuguhi timbel Tante Arty Legawa yang mantap banget dan tak terlupakan sambal jeruknya. Secara keseluruhan SBW kali ini sangat berkesan bagi para Biconers. Lingkungan daerah pemukiman GBM Bojongkoneng yang cukup bervariasi diselingi oleh kebun, ladang, dan lahan kosong tak bertuan memuaskan dahaga birdwatching dan ekskursi Biconers yang sudah cukup lama terpendam karena berbagai kegiatan (FL).

 

Advertisements

About Bicons

Berdiri pada 24 September 1999, diinisiasi oleh beberapa orang yang peduli dengan pelestarian burung dan habitatnya. BICONS didirikan atas dasar pemikiran semakin terdesaknya keberadaan satwa liar di kawasan perkotaan. Burung dijadikan sebagai titik masuk BICONS untuk berbagai upaya pelestarian lingkungan hidup.

Discussion

One thought on “WALK ‘N HIKE GBM BOJONGKONENG

  1. so lovely and nice have adventure arround there…^_^

    Posted by Agee_kuw | 14 January 2009, 3:47 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

BICONS’ Archives

%d bloggers like this: