>
you're reading...
Biconers, Events

Peluncuran Buku “Perlindungan Lingkungan : sebuah perspektif dan spiritualitas Islam”

oleh Sunardi Ph.D.

Sebuah perspektif dan spiritualitas islamPada hari Kamis, 22 Mei 2008, BICONS diundang dalam acara peluncuran buku berjudul “Perlindungan Lingkungan: sebuah perspektif & spiritualitas Islam” karangan Sunardi, Ph.D. Penulis merupakan salah satu staf pengajar muda di Jurusan Biologi Universitas Padjadjaran yang menamatkan pendidikan S1- nya di Jurusan biologi, FMIPA, Universitas Padjadjaran (1994), S2 di Jurusan Biologi, Institut Teknologi Bandung (1998), dan S3 di Department of Environmental Sciences and Human Engineering, Saitama University, Jepang dengan beasiswa pemerintah Jepang, Monbukagakusho (2005). Walau sering bergelut dengan sains khususnya ekologi dan ilmu – ilmu lingkungan, namun ia memiliki ketertarikan yang kuat terhadap ilmu – ilmu agama, khususnya ajaran agama Islam serta filsafat. Oleh karena itu buku ini dapat dikatakan inti sari dari hasil pencarian dan penjelajahannya dalam studi Agama Islam maupun ilmu lingkungan.

Buku ini secara resmi diluncurkan oleh Prof. Dr. Ir. Ganjar Kurnia, DEA. (Rektor Universitas Padjadjaran) dan Prof Dr. Erri Noviar Megantara (Kepala PPSDAL UNPAD). Kemudian acara dilanjutkan pada sesi presentasi penulis yang turut pula dihadiri oleh beberapa penelaah dari dua disiplin ilmu yaitu, ilmu lingkungan dan Islam; seperti Prof. Dr. Johan Iskandar, M.Sc. (Jurusan Biologi UNPAD), Prof. Dr. Muchtar Solichin (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati), Dr. Chay Asdak (Lemlit UNPAD), dan terakhir Dr. Parikesit, M.Sc (PPSDAL UNPAD) sebagai moderator.

Dalam presentasinya Sunardi menekankan bahwa krisis lingkungan yang dihadapi manusia di planet bumi ini tidak hanya disebabkan oleh persoalan sosial – ekonomi semata, tetapi juga berakar pada aspek-aspek manusia yang paling dalam, yakni bagaimana manusia memandang diri dan lingkungannya. Oleh karena itu, ancaman bencana lingkungan tidak akan cukup diatasi dengan pendekatan – pendekatan teknologis, lebih dari itu, kita membutuhkan paradigma baru yang lebih tinggi dan mulia dalam memandang alam dan lingkungan.

Bagi pria kelahiran 30 Mei 1969 di Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah ini, Islam dengan ajarannya yang sangat komprehensif menawarkan solusi atas krisis ekologi yang sedang terjadi. Komprehensitas Islam meliputi sekaligus menyentuh jiwa manusia yang paling dalam serta membangun pandangan – dunia (worldview) yang realistis mengenai alam semesta dan lingkungan. Dalam tataran yang lebih pragmatis, Islam menyediakan nilai – nilai moral disertai dasar – dasar yang memungkinkan kita menyusun hukum – hukum lingkungan yang penting untuk memelihara moralitas Islam itu sendiri. Yang sangat mengesankan, pandangan dan moralitas Islam ini tercermin dalam praktek kehidupan manusia yang paling suci dan mulia, Nabi Muhammad saw, yang dapat diikuti oleh siapapun sekalipun oleh mereka yang berfikir sangat sederhana. Inilah keunggulan yang ditawarkan Islam untuk mengatasi krisis lingkungan.

Secara keseluruhan Sunardi telah berhasil menuangkan pemikirannya yang unik dalam memadukan Islam dan Sains sekaligus. Lebih lanjut lewat buku ini, Sunardi telah turut mensumbangkan khasanah baru dalam dunia literasi terutama ilmu pengetahuan yang agamis. Namun secara logis mungkin dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari karena romatika kehidupan selalu dipenuhi oleh kompleksitas hidup. Walaupun demikian  tidak ada salahnya buku ini dapat Anda beli, baca, dan menjadi koleksi perpustakaan pribadi Anda.

Selamat Membaca…(FL)

 

Advertisements

About Bicons

Berdiri pada 24 September 1999, diinisiasi oleh beberapa orang yang peduli dengan pelestarian burung dan habitatnya. BICONS didirikan atas dasar pemikiran semakin terdesaknya keberadaan satwa liar di kawasan perkotaan. Burung dijadikan sebagai titik masuk BICONS untuk berbagai upaya pelestarian lingkungan hidup.

Discussion

9 thoughts on “Peluncuran Buku “Perlindungan Lingkungan : sebuah perspektif dan spiritualitas Islam”

  1. Wow menarik, ni buku bisa didapatkan dimana? dijual di tempat umum nggak atau harus ke bandung he he he

    Posted by Ady Kristanto | 27 May 2008, 2:52 pm
  2. Kayanya baru di Bandung.
    Tapi bisa kami tanyakan kepada penulis langsung.
    Trims utk komentarnya

    Posted by bicons | 28 May 2008, 10:47 am
  3. wah keknya bagus nih…

    Posted by hanggadamai | 2 June 2008, 10:16 am
  4. hai all, mungkin saya bisa bantu untuk mendapatkanya…kontak aja di japri:
    08567305219

    sejauh yang saya tahu, buku ini untuk sekarang dicetak terbatas

    Posted by ader | 2 June 2008, 5:46 pm
  5. sughanallah sekali yah..saya sangat tertarik untu mmbcanya,terutama yang dikatikan dengan filasafat. mhon bantuan info untuk mendapatkan buku tersebut, karena saat saya sedang menmpuh tugas mengenai mengenai konservasi. trimakasih untuk seluruh crew bicons

    Posted by dewa | 24 June 2008, 5:45 pm
  6. makasi infonya

    Posted by santi | 28 October 2010, 5:07 pm
  7. sama-sama mbak santi. terima kasih sudah mampir

    Posted by dasarburung | 28 December 2010, 1:35 pm

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: Lingkungan hidup dalam perspektif islam « Pengajian Pelajar Muslim Rotterdam - 17 July 2011

  2. Pingback: Lingkungan hidup dalam perspektif islam « Pengajian Pelajar Muslim Rotterdam - 17 July 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

BICONS’ Archives

%d bloggers like this: